HP Android Kamu Sering Lemot? Lakukan Tips Sederhana Ini untuk Mengatasinya!

 Mengatasi HP Lemot
Sumber: pinterest.com

Siapa sih yang gak bete kalau ponsel kesayangannya tiba-tiba jadi lemot saat sedang dibutuhkan? Ya, walaupun ponsel Android kamu telah dilengkapi dengan RAM yang besar, baik itu 2GB atau 8GB. Tapi RAM yang besar bukan menjadi masalah nya lho, karena ada beberapa kondisi yang menyebabkan ponsel Android kamu jadi sering lemot. 

Salah satu masalah yang membuat HP lemot adalah menginstal banyaknya aplikasi di ponsel, karena RAM mungkin sudah tidak bisa menampung terlalu banyak aplikasi. Selain itu, sebagai pengguna HP Android, tentunya kita tidak boleh asal pakai saja. Tetapi juga harus tahu bagaimana caranya merawat HP Android yang tepat dan benar agar ponsel tetap terjaga dengan baik dan  tidak lemot saat sedang digunakan. 

Agar HP Android kamu gak lemot-lemot lagi, berikut ini tips sederhana yang bisa kamu lakukan supaya HP Android kamu terhindar dari lemot

1. Memperbarui Sistem dan Aplikasi

Update Sistem Aplikasi
Sumber: pinterest.com

Setiap pembaruan aplikasi atau software pastinya selalu ada perbaikan yang terjadi dari kerusakan aplikasi yang terdahulu, seperti penambahan sistem keamanan dan penambahan fitur yang canggih. 

Maka dari itu, kamu harus melakukan pembaruan dari aplikasi atau OS yang diunduh di Play Store. Tentunya agar aplikasi yang di update bisa memberikan performa pada HP Android milikmu menjadi lebih cepat dari versi sebelumnya. 

2. Perhatikan Kapasitas Memori 


Sisa Kapasitas Memori

Sumber: pinterest.com

Selain RAM, penggunaan kapasitas memori internal juga bisa membuat smartphone jadi lemot lho. Untuk mengatasi HP Android yang lemot, kamu harus menghindari penyimpanan data yang banyak agar tidak membuat  memori internal menjadi penuh.  

Namun, jika kamu membutuhkan banyak data di ponsel, disarankan untuk membeli ponsel yang dibekali dengan kartu memori. Atau mungkin kamu bisa menggunakan MicroSD sebagai tempat penyimpanan di ponsel milikmu. Harga micro sd pun cukup terjangkau, yakni, sekitar Rp 40 ribu ( Untuk 2GB) dan Rp 159 ribu ( Untuk 16GB).  

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai 

Hapus Aplikasi Di HP 2019
Sumber: pinterest.com
Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi terbaru yang sangat menarik untuk dicoba. Namun tanpa disadari, aplikasi yang telah di install tersebut ternyata memiliki kegunaan yang sama seperti aplikasi yang sebelumnya dipasang. 

Penyebabnya, hal tersebut membuat ruang penyimpanan di HP milikmu menjadi penuh karena adanya aplikasi yang tidak diperlukan. Untuk itu, agar performa HP Android kamu tetap berjalan cepat, kamu harus menghapus aplikasi yang dirasa tidak diperlukan.

4. Kurangi Pemakaian Widget


Kurangi Pemakaian Widget

Sumber: pinterest.com

Penggunaan widget di HP Android memang membuat homescreen pada HP kita tampak lebih cantik dan menarik. Namun, Selain memperindah tampilan pada layar HP, widget juga bisa digunakan sebagai jalan cepat untuk menggunakan aplikasi tanpa perlu membuka aplikasi yang ingin digunakan. 

Tetapi ada satu masalah yang bisa terjadi jika terlalu banyak menggunakan widget, yaitu bisa memakan banyak konsumsi RAM yang membuat HP Android  jadi lambat. Untuk itu, lebih baik kamu mengurangi penggunaan widget di ponsel agar tidak membuat performa pada ponsel menjadi lemot.

5. Bersihkan Cache

Sumber: pinterest.com

Cache merupakan ruang penyimpanan data sementara. Cara yang perlu kamu lakukan untuk menghindari lemot pada HP Android selanjutnya  adalah selalu membersihkan cache di HP Android milikmu. 

Bersihkan cache di setiap aplikasi yang telah kamu gunakan secara rutin agar ruang penyimpanan sementara ini tidak menumpuk di ponsel. Cara untuk membersihkan cache adalah masuk ke setting, lalu klik app, lalu ke All. Setelah itu, cari menu Clear Cache yang akan membersihkan cache nya. Namun anda harus teliti saat menghapus karena salah salah bisa data penting anda terhapus sehingga harus login ulang atau memasukan data ulang ke aplikasi yang anda hapus cachenya.

6. Cara Terakhir Format Ulang

Format Ulang
Sumber: pinterest.com
Cara terakhir yang perlu kamu lakukan adalah format ulang atau factory reset. Hal ini merupakan langkah yang cepat yang bisa menghapus semua data, virus, aplikasi dan juga pengaturan yang tidak benar pada settingan pabrik. 

Tetapi, sebelum melakukan langkah ini, kamu perlu menyimpan data atau file-file penting di dalam hardisk atau MicroSD. Jika HP Android kamu telah di format ulang barulah kamu bisa masuk kan kembali data-data penting tersebut ke ponsel milikmu. 

Pada dasarnya performa HP Android yang lemot itu tidak selalu tergantung pada kapasitas RAM yang kecil, tetapi juga tergantung dengan cara kamu dalam menjaga performa ponsel yang baik agar  tidak lemot dan tetap cepat. 

Post a Comment

0 Comments